1. Kurang Menjaga Kebersihan Tubuh

Penyebab munculnya jerawat di payudara yang pertama yaitu karena kurangnya menjaga kebersihan tubuh, termasuk di bagian puting. Misalnya jarang mencuci bra atau pakaian, sehingga kotoran yang menempel pada pakaian, sel-sel kulit mati, minyak bahkan keringat akan mudah bergesekan dengan kulit yang pada akhirnya menimbulkan jerawat di area payudara Anda.

2. Pori-Pori Tersumbat

Penyebab munculnya jerawat di payudara kedua yaitu karena pori-pori tersumbat. Seperti adanya minyak dan sel kulit mati di area puting payudara.

3. Folikel rambut tumbuh ke dalam

Setiap orang memiliki akar rambut yang tumbuh di area puting dan areola. Seharusnya folikel rambut yang normal tumbuh keluar, tetapi folikel rambut yang tersumbat akan tumbuh ke dalam dan menimbulkan benjolan seperti jerawat. Biasanya kondisi ini akan hilang dan kembali normal dengan sendirinya.

4. Kelenjar montgomery bengkak

Turbekel Montgomery merupakan benjolan kecil pada puting susu dan areola. Lebih tepatnya muncul dibagian gelap yang melingkar di area puting payudara. Biasanya benjolan kecil ini wajar terjadi pada saat hamil dan menghadapi masa menyusui.

Kelenjar Montgomery berfungsi untuk mengeluarkan kelenjar minyak (sebasea) yang membantu melumasi aerola dan puting susu selama kehamilan dan menyusui. Pada saat menyusui, isapan yang dilakukan oleh bayi mungkin saja membuat area puting ibu menjadi lecet, yang pada akhirmya menimbulkan jerawat.

Tips Mengobati Jerawat di Payudara

Hampir sama seperti jerawat di wajah, jerawat di payudara bisa disembuhkan dengan cara yang sama. Meskipun, pengobatan yang dilakukan harus tetap disesuaikan dengan penyebabnya. Biasanya jerawat di payudara akan hilang dengan sendirinya. Hindari memencet jerawat yang sedang meradang, apalagi jika tumbuh di bagian kulit yang sensitif seperti di puting.

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, seperti mandi menggunakan air hangat dan menggunakan sabun pembersih yang mengandung asam salisilat. Hal ini berguna untuk membantu mempercepat proses penyembuhan sekaligus mencegah infeksi.

Cara Mencegah Jerawat di Payudara

jerawat di payudara

Mencuci Tangan Sebelum dan Sesudah Menyusui

Apabila Anda belum pernah mengalami kondisi dimana jerawat muncul di puting payudara ataupun pernah mengalaminya, tetapi tidak ingin hal tersebut kembali terulang, maka ada tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan, antara lain:

  • Rutin menjaga kebersihan tubuh dan menerapkan gaya hidup sehat.
  • Hindari menggunakan pakaian yang ketat, agar pori-pori kulit tidak tersumbat.
  • Menjaga area intim agar selalu bersih dan kering.
  • Jika tubuh Anda berkeringat, cobalah untuk mandi dan mengganti pakaian terutama pakaian dalam.
  • Jika Anda sedang menyusui, selalu jaga kebersihan disekitar payudara untuk mencegah terjadinya komplikasi pada puting. Seperti selalu mencuci tangan sebelum dan setelah menyusui.

Baca juga: 5 Penyebab Jerawat di Vagina dan Cara Mengatasinya