Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah Berjerawat

manfaat minyak zaitun untuk jerawat

Mengobati Wajah Berjerawat dengan Minyak Zaitun

Salah satu manfaat dari minyak zaitun yaitu untuk mengobati wajah berjerawat dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Saat ini sudah tersedia berbagai produk untuk perawatan kulit yang mengandung minyak zaitun. Ada beberapa alasan yang menjadikan minyak zaitun menjadi obat herbal alami untuk mengatasi gangguan jerawat diantaranya adalah :

  1. Mengandung vitamin penting yang membuat proses penyembuhan bekas jerawat menjadi lebih cepat.
  2. Terdapat antioksidan seperti polifenol yang dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh, mencegah segala macam jenis infeksi. dan membantu menjaga kelembaban kulit.
  3. Memiliki kandungan antibakteri yang sangat baik untuk menyembuhkan jerawat yang diakibatkan oleh infeksi bakteri dan menghilangkan bekasnya.
  4. Bersifat anti-inflamasi yang diperlukan untuk menyembuhkan jerawat dan bekas-bekasnya.
  5. Bersifat non-comedogenic (tidak menyumbat pori-pori kulit), sehingga membuatnya menjadi obat yang ideal untuk jerawat.

Lalu bagaimanakah cara menggunakan minyak zaitun untuk mengobati jerawat? Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menerapkan minyak zaitun pada jerawat :

1. Terapi pemijatan

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengobati jerawat dengan menggunakan minyak zaitu yaitu dengan memberikan satu sendok makan minyak zaitu, kemudian gunakan sebagaiobat pijat pada kulit yang berjerawat. Lakukan hal tersebut dengan lembut selama 4 sampai 5 menit. Lalu diamkan selama 15 sampai 20 menit. Jika sudah, bersihkan wajah dengan handuk atau kain yang bersih dan hangat. Lakukan terapi tersebut setidaknya dua kali sehari (Sebelum tidur). Manfaat dari terapi ini antara lain:

  • Mengurangi kelebihan minyak dari wajah
  • Membantu menghilangkan jaringan kulit yang sudah mati
  • Menyingkirkan bekas jerawat yang membandel dengan mudah.
  • Menjaga kelembaban kulit
  • Meningkatkan sirkulasi darah pada kulit
  • Mencegah penyumbatan pori-pori kulit.

2. Terapi penguapan

Melakukan terapi penguapan dengan minyak zaitun bisa jadi alternatif kedua untuk menyembuhkan jerawat dan  menghilangkan bekasnya secara efektif.Langkah pertama yanng harus Anda lakukan adalah dengan merebus air yang telah dicampur dengan minyak zaitun sampai menghasilkan uap yang banyak. Terapkan uap tersebut pada wajah dengan   jarak sekitar 18 inci dari air.

Pakailah handuk besar yang membantu untuk menutupi kepala, sehingga uap bisa mengenai kulit wajah Anda dengan tepat. Diamkan selama 8 sampai 10 menit. Kemudian, sekalah wajah dan leher Anda dengan handuk.

Manfaat dari terapi ini antara lain :

  • Mengobati jerawat
  • Membantu membuat jaringan bekas luka jerawat memudar

3. Sebagai scrub

Selain cara di atas, minyak zaitun juga bisa digunakan sebagai scrub alami wajah untuk mengobati jerawat. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

  • Campurkan minyak zaitun dengan backing soda

Tambahkan satu sendok makan makan baking soda dengan satu sendok makan minyak zaitun, lalui diaduk. Oleskan ramuan tersebut pada kulit Anda, khususnya pada bagian yang berjerawat. Lakukan scrub ini selama 3 sampai 4 menit. Kemudian terapkan dengan kain basah untuk menghilangkan scrub hasil campuran kedua bahan tadi. Proses ini dapat mempercepat penghapusan jaringan bekas luka jerawat.

  • Campurkan minyak zaitun dengan garam laut

Cara lainnya untuk menghilangkan jerawat adalah dengan menggunakan campuran dari minyak zaitu dengan garam laut. Caranya adalah campurkan dua sendok makan garam lain yang sudah di haluskan dengan satu sendok makan minyak zaitun. Aduk kedua bahan tersebut  hingga membentuk pasta. Gosok secara perlahan dengan gerakan melingkar selama kira-kira 3 hingga 4 menit. Lalu hilangkan ramuan tersebut dengan menggunakan handuk atau kain basah. Hal ini juga akan membantu untuk memudarkan bekas jerawat dengan cepat dan efektif.

Berikut ini manfaat yang bisa didapatkan dengan terapi ini yaitu:

  • Mencegah dan mengobati jerawat
  • Melembabkan kulit, sehingga memberikan kondisi yang menguntungkan untuk jerawat, yaitu untuk menyembuhkan jerawat dengan cepat tanpa meninggalkan bekas.
  • Membantu mencegah penyumbatan pori-pori kulit yang menjadi penyebab utama timbulnya jerawat.