1. Kurang menjaga kebersihan pribadi

Biasanya yang sering dikaitkan dengan timbulnya jerawat adalah kurangnya menjaga kebersihan pribadi. Hal ini dikarenakan puting payudara mudah bergesekan dengan pakaian, jarang mencuci bra atau pakaian,dan jarang mandi. Sehingga kotoran yang ada di oakaian, sel-sel kulit mati, minyak bahkan keringat sangat mudah bergesekan dengan kulit yang pada akhirnya menimbulkan jerawat di area payudara Anda.

2. Pori-pori yang tersumbat

Sama seperti jerawat pada biasanya, salah satu penyebabtumbuhnya jerawat di puting payudara adalah karena adanya penyumbatan pori pada kulit. Seperti adanya minyak dan sel kulit mati di area puting payudara.

3. Folikel rambut tumbuh ke dalam

Setiap orang mempunyai akar rambut yang  tumbuh disekitar puting dan areola. Seharusnya folikel rambut yang normal tumbuh keluar, namun saat folikel rambut tersumbat sehingga tumbuh ke arah dalam, maka akan menimbulkan benjolan seperti jerawat. Kejadian ini, biasanya akan hilang  dan kembali normal dengan sendirinya.

4. Kelenjar montgomery bengkak

Timbulnya kelenjar montgomery benkak tampak seperti  benjolan kecil tapi tidak terasa nyeri. Letaknya disekitar areola pada payudara. Kelenjr ini berfungsi dalam memproduksi minyak untuk menjaga kulit disekitar payudara agar tetap telumasi dengan baik.

Pembengkakan kelenjar montgomery ini lebih banyak di derita oleh ibu hamil dan menyusui. Saat menyusui, isapan yang dilakukan oleh bayi mungkin saja membuat area puting ibu menjadi lecet, hingga akhirnya menimbulkan jerawat.

Apa pengobatan yang tepat untuk kondisi ini?

Sama seperti jerawat yang muncul di wajah, jerawat diputing payudara juga bisa di sembuhkan dengan cara yang sama. Walaupun, pengobatan yang dilakukan harus tetap disesuaikan dengan penyebabnya. Sebagin besar jerawat di puting payudara hanya didiamkan sajasampai sembuh dengan sendirinya. Hindari memencet jerawat yang sedang meradang, terutama jika jerawat tumbuh di area kulit yang sensitif, termasuk puting.

Ada beberapa yang dapat Anda lakukan, seperti menggunakan air hangat dan sabun pembersih ataupun yang mengandung asam salisilat, yang berfungsi untuk membantu mempercepat proses penyembuhan sekaligus mencegah infeksi.

Cara mencegah timbulnya jerawat di puting payudara

jerawat di payudara

Mencuci Tangan Sebelum dan Sesudah Menyusui

Jika Anda belum pernah mengalami pertumbuhan jerawat di puting payudara atau pernah mengalaminya, namun tidak ingin hal tersebut terulang kembali, maka ada tindakan pencegahan yang bisa Anda lakukan, yakni:

Apabila Anda belum pernah mengalami kondisi dimana jerawat muncul di puting payudara ataupun pernah mengalaminya, tetapi tidak ingin hal tersebut kembali terulang, maka ada tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan, antara lain:

  • Selalu menjaga kebersihan tubuh serta menerapkan gaya hidup sehat
  • Menggunakan pakaian yang tidak terlalu ketat untuk menghindari penyumbatan pori-pori kulit
  • Menjaga area intim agar selalu dalam keadaan bersih dan kering
  • Jika tubuh berkeringat, segeralah mandi dan mengganti pakaian, terutama pakaian dalam
  • Ibu yang sedang menyusui juga harus selalu menjaga kebersihan diarea payudara untuk mencegah terjadinya komplikasi pada puting, seperti selalu mencuci tangan sebelum dan setelah menyusui, serta menyusui secara merata pada kedua payudara.